Friday, July 19, 2013

Nasehat para pengusaha

Do you want to share?

Do you like this story?

Mark Zuckerberg
Di tahun 2007, ketika berusia 23 tahun, pria muda ini mengembangkan sebuah sistem yang kini sangat terkenal, Facebook situs social network. Dalam sekejap, ia menjadi salah satu milyuner muda paling ternama di dunia. Belum lagi namanya kian meroket setelah kisah suksesnya diabadikan dalam film “Social Network”. Mark Zuckerberg memandang bahwa: “Anak-anak muda itu kreatif dan memiliki kecerdasan. Saya punya harapan tinggi terhadap anak-anak muda di seluruh dunia.”

Michael Dell
Di usia 19, Michael Dell meninggalkan kuliahnya di University of Texas tak lama setelah ia memulai sebuah perusahaan komputer yang menjual unit komputer langsung kepada konsumen dengan harga lebih rendah ketimbang pesaing di ritel. suatu gebrakan yang luar bisasa!!! Begitu ia mencapai usia 24 tahun, perusahaan yang dikenal dengan Dell memiliki pemasukan sekitar 258 juta dollar AS. Bisa dibayangkan betapa luar biasanya pemasukan yang bisa di raihnya di usia yang semuda itu.

Nasihat dari pria yang kini berusia 45 tahun itu untuk para entrepreneurs muda, “Anda harus memiliki gairah terhadap usaha Anda. Saya rasa orang-orang yang mencari ide-ide besar di luar sana untuk mendapatkan uang tidak sesukses orang-orang yang mencari tahu apa gairahnya yang terdalam untuk kemudian dibuat menjadi usaha.”

Catherine Cook
Sewaktu Catherine Cook  berusia 20 tahun, dan selama 2 tahun terakhir ia sudah menjadi wanita muda  multi-milyuner. suatu hal yang tidak pernah di bayangkan sebelumnya. Ia, bersama kakaknya, David dan Geoff, memulai sebuah situs jejaring sosial yang populer di antara remaja Amerika bernama myYearbook saat mereka masih duduk di bangku sekolah.
Nasihatnya bagi para pengusaha muda, “Berhentilah berpikir dan mulailah melakukan. Saat masih muda adalah waktu paling tepat untuk memulai usaha, karena belum ada tanggung jawab berat seperti saat seseorang mencapai usia dewasa. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah Anda gagal. Tetapi Anda bisa belajar dari kegagalan dan mengubahnya menjadi keberhasilan di upaya berikutnya.”

Bersyukurlah jika saat ini Anda sudah tahu dengan jelas apa yang PENTING buat Anda,karena ini akan menjadi RULES atau rambu-rambu vital dalam hidup Anda. Apa yang penting dalam hidup kita disebut values atau nilai-nilai.

Nilai-nilai buat sepasang suami istri bisa berbeda.Misalkan buat sang suami yang penting adalah PENGHARGAAN, buat sang istri yang penting adalah PERHATIAN.Keduanya sama baiknya.

Namun ketika nilai tersebut tidak terpenuhi, maka itu awal dari konflik.Suami kalau istrinya berbeda pendapat atau tidak ambilin minum pas pulang ke rumah,bisa menganggap istrinya tidak menghargai dirinya,dan bisa menjadi sumber konflik.

Atau suami yang sudah membelikan rumah mewah,mobil mercy terbaru, berlian sebesar jempol kaki pun JIKA sang suami tidak rajin nelfon menanyakan : ” lagi ngapain sayang ? ” Sang istri akan tetap merasa suami tidak sayang,karena yang penting buat dia adalah perhatian.

Sebaliknya seorang karyawan yang memiliki value :”keteraturan” tidak akan bisa bertahan lama bekerja di indusrtri kreatif yang selalu menuntut ide- ide segar untuk diwujudkan.

Nilai bukanlah masalah baik atau tidak baik,tapi masalah PENTING atau tidak PENTING buat seseorang.
Pertanyaan nya APA YANG PENTING buat hidup Anda saat ini ?

Cara paling mudah untuk mengenali diri kita adalah mengenali APA YANG PENTING dalam hidup kita.

Coba tuliskan APA saja YANG PENTING dalam hidup Anda, misalkan : kebahagiaan,kesuksesan,kesetaraan gender,penghargaan,kebebasan,aktualisasi diri,teman-teman baru,keluarga,pengembangan diri,keteraturan,keamanan,ekspresi,tantangan,kejujuran,dan sebagainya…

Tuliskan sebanyak yang terlintas di pikiran Anda, lalu urutkan menjadi 5 teratas yang penting. No 1 yang PALING PENTING yang harus ada,yang tidak boleh tidak ada dalam hidup Anda.

Buat apa sih ? Manfaatnya untuk apa ?

Supaya kita tau apa yang benar-benar menjadi aturan dalam diri kita.Saat values ini dilanggar,maka itu lah awal dari konflik di dalam diri. Saat value diikuti,maka itu lah awal kesuksesan Anda.

Know yourself you will rules the world…




YOU MIGHT ALSO LIKE

1 comments:

yo2k said...

Salam Dahsyat..

Post a Comment

Advertisements

Advertisements